Secara
umum, media merupakan alat untuk menyampaikan informasi atau pesan dari suatu
tempat ke tempat lain. Media digunakan dalam proses komunikasi, termasuk
kegiatan belajar-mengajar. Menurut I Wayan Santyasa (2007 : 3), proses
pembelajaran mengandung lima komponen komunikasi, yakni guru (komunikator),
bahan pelajaran, media pembelajaran, siswa (komunikan) dan tujuan pembelajaran.
Jadi, media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian,
minat, pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan
belajar. Media pembelajaran merupakan komponen integral dari sistem
pembelajaran. Tanpa media pembelajaran, proses belajar-mengajar tidak dapat
terjadi. Setiap proses belajar mengajar memerlukan pemilihan dan penggunaan
paling tidak satu medium untuk menyampaikan pembelajaran.
Pengertian Media Pembelajaran Matematika
Berbasis ICT
Media pembelajaran berbasis ICT adalah alat yang digunakan
dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dalam sistem
ini interaksi antara pengajar (guru) dan peserta (murid) ajar tidak harus
saling bertatap muka (bertemu) secara fisik seperti halnya dalam sistem
pendidikan konvensional, mereka bertemu dalam ruang teknologi informasi
(internet) dengan memanfaatkan suatu media yang disebut komputer.
Ragam Media
Pembelajaran Matematika Berbasis ICT
Menurut Sahid dari segi kemunculannya, sumber belajar dapat dibedakan
menjadi dua macam, yakni
1. Sumber
belajar yang sengaja dirancang atau dibuat secara khusus untuk pembelajaran (learning
resources by design). Contoh : buku,
ensilkopedi, kamus, materi-materi pembelajaran dalam bentuk multimedia (film,
video, animasi, slide software pembelajaran berbantuan komputer)
2. Sumber
belajar yang tidak dirancang atau dibuat secara khusus untuk pembelajaran namun
dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran (learning resources by utilization).
Contoh sumber belajar jenis kedua antara lain: alam sekitar, lingkungan fisik,
lingkungan sosial, kehidupan manusia, situs-situs Web.
Beberapa
media yang dapat digunakan dalam pembelajaran berbasis ICT, adalah:
a. Internet
Internet adalah media sesungguhnya dalam pendidikan berbasis
TI, karena perkembangan internet kemudian muncul model-model e-learning,
distance learning, web base learning, dan istilah pendidikan berbasis TI lainnya.
Internet merupakan jaringan komputer global yang mempermudah, mempercepat akses
dan distribusi informasi dan pengetahuan (materi pembelajaran) sehingga materi
dalam proses belajar mengajar selalu dapat diperbaharui. Sudah seharusnya dalam
penerapan pendidikan berbasis TI tersedia akses internet.
b. Internet
Apabila penyediaan infrastruktur internet mengalami suatu hambatan, maka intranet dapat dijadikan alternatif sebagai media pendidikan berbasis TI. Karakteristik intranet hampir sama dengan internet, hanya saja untuk area lokal (dalam suatu kelas, sekolah, gedung, atau antar gedung). Model-model pembelajaran sinkron dan tidak sinkron dapat dengan mudah dan lebih murah dijalankan pada intranet. Pada kondisi-kondisi tertentu intranet justru dapat menjadi pilihan tepat dalam menerapkan pendidikan berbasis TI.
Apabila penyediaan infrastruktur internet mengalami suatu hambatan, maka intranet dapat dijadikan alternatif sebagai media pendidikan berbasis TI. Karakteristik intranet hampir sama dengan internet, hanya saja untuk area lokal (dalam suatu kelas, sekolah, gedung, atau antar gedung). Model-model pembelajaran sinkron dan tidak sinkron dapat dengan mudah dan lebih murah dijalankan pada intranet. Pada kondisi-kondisi tertentu intranet justru dapat menjadi pilihan tepat dalam menerapkan pendidikan berbasis TI.
c. CD-ROM/Flash Disk
Media
CD-ROM atau flash disk dapat menjadi pilihan apabila koneksi jaringan
internet/intranet tidak tersedia. Materi pembelajaran disimpan dalam media
tersebut, kemudian dibuka pada suatu komputer. Pemanfaatan media CD-ROM/flash
disk merupakan bentuk pembelajaran berbasis TI yang paling sederhana dan paling
murah.
d. Mobile Phone
Pembelajaran
berbasis TI juga dapat dilakukan dengan menggunakan media telpon seluler, hal
ini dapat dilakukan karena kemajuan teknologi telpon seluler yang pesat.
Seseorang bisa mengakses materi pembelajaran, mengikuti pembelajaran melalui
telpon seluler. Begitu canggihnya perkembangan teknologi ini sampai memunculkan
istilah baru dalam pembelajaran berbasis TI yang disebut M-learning (mobile
learning).
Fungsi Media Pembelajaran Berbasis
ICT
Internet and Communication Technology (ICT) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu :
1.
Teknologi
berfungsi sebagai alat (tools), untuk membantu pembelajaran, misalnya
dalam mengolah kata,
2.
Teknologi
berfungsi sebagai ilmu pengetahuan(science), dan
3.
Teknologi
berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran(literacy).
Dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran
sekaligus sebagai alat bantu untukmenguasai sebuah kompetensi berbantuan
komputer. Dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang
berfungsi sebagai: fasilitator, motivator, transmitter, dan evaluator. Sebagai
bagian dari pembelajaran, teknologi/ICT memiliki tiga kedudukan, yaitu sebagai
suplemen, komplemen, dan substitusi (Riyana, 2008).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar